Cara Membasmi Hama Belalang pada Tanaman

Cara Membasmi Hama Belalang pada Tanaman

Tidak cuma ulat dan kutu putih, belalang sebagai salah satunya hama yang dapat serang tanaman di halamanmu.

Belalang biasanya diktemukan bila kamu menanam sayuran di halaman atau taman rumahmu. Mereka akan makan sayuran dan membuat tanamanmu jadi hancur, hingga tidak dapat kamu panen.

Bila kamu berasa kecewa karena permasalahan ini, kamu tidak perlu cemas. Baca bermacam langkah memberantas hama belalang pada tanaman di halaman berikut ini.

Cara Membasmi Hama Belalang pada Tanaman

1. Menggunakan Pemangsa Belalang

Cara membasmi hama belalang pada tanaman pertama adalah dengan menggunakan musuh alami belalang. Musuh alami belalang yang dimaksud adalah lalat perambok (robber flies), laba-laba, atau kodok pada halamanmu.

Sayangnya, cara mengusir alami ini berisiko. Pasalnya, langkahnya cukup sulit dilakukan dan bisa membuat tamanmu rusak jika tidak dijaga.

Dibandingkan menggunakan musuh alami belalang, kamu bisa menanam beberapa tanaman hias yang mampu mengusir hama serangga ini. Jenis tanaman seperti marigold, calendula, bunga matahari, aster, alyssum, atau dill ampuh dalam mengusir belalang. Tanam beberapa tanaman di atas agar kebun di rumah terlihat segar dan bebas dari hama!

Baca Juga  Tips Merakit PC Berukuran Mini

2. Membuat Taman Ramah Burung

Musuh dari belalang berikutnya adalah burung. Burung alap-alap dan burung lark terkenal mampu memakan belalang dalam jumlah besar.

Berbeda dengan lalat atau laba-laba, burung tidak akan merusak tanaman milikmu, sehingga cocok untuk kamu coba. Kamu bisa membuat taman yang ramah burung dengan cara menyediakan sumber air dan membuat burung ingin bertempat tinggal di pekarangan rumah.

Agar burung mau bersarang, kamu bisa menanam beberapa pohon dan semak-semak di sekitar halaman.

3. Menggunakan Tepung

Cara membasmi hama belalang di tanaman berikutnya adalah dengan menggunakan tepung.

Kamu bisa menaburkan tepung serbaguna ke bagian atas tanaman yang sering dihinggapi oleh belalang. Tepung yang kamu taburkan akan mengalir ke bawah tanaman dan meninggalkan lapisan berdebu. Lapisan tepung ini akan membuat mulut belalang lengket dan membuat mereka mati kelaparan.

4. Menggunakan Bawang Putih

Selain tepung, penggunaan bawang putih juga ternyata ampuh dalam mengusir belalang dari halaman.

Kamu bisa membuat semprotan larutan bawang putih dan menyemprotkannya ke tanaman. Caranya adalah dengan menghaluskan enam siung bawang putih dan membiarkannya dalam setengah cangkir minyak mineral semalaman.

Baca Juga  Cek Kwalitas Layar Hp Samsung, Update 2022

Kemudian, tambahkan lima gelas air ke dalam campuran tersebut dan saring ke botol semprot. Selain ampuh, semprotan ini tidak akan merusak tanamanmu, sehingga jangan khawatir tanaman akan mati.

5. Memakai Insektisida

Cara membasmi hama belalang di tanaman terakhir adalah dengan menggunakan insektisida. Insektisida bisa kamu coba jika langkah-langkah alami sebelumnya tidak mempan membuat belalang pergi.

Meski ampuh, insektisida tidak akan mencegah belalang baru untuk masuk ke taman rumahmu. Terakhir, jika kamu memiliki tanaman aglaonema atau tanaman sayur, pilih insektisida dengan kandungan karbaril atau permetrin agar tidak merusak tanaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *