Cara Membasmi Rayap di Lemari

Cara Efektif Membasmi Rayap di Lemari

Serangan rayap jadi persoalan yang menyusahkan karena kerap menyerang beragam perlengkapan dengan bahan dasar kayu, seperti satu diantaranya almari.

Rayap adalah tipe hama yang hadirnya benar-benar menjengkelkan. Masalahnya mereka bisa bersarang pada material kayu dalam tempat tinggal.

Akhirnya, perlengkapan berbahan kayu seperti almari kerap hancur karena kedatangan rayap. Saat sebelum hal itu terjadi, seharusnya ketahui langkah memberantas rayap di almari supaya perlengkapan ini dapat tahan lama. Berikut beberapa triknya.

Cara Membasmi Rayap di Lemari

1. Gunakan Zat Kimia

Asam borat atau dikenal dengan nama boric acid adalah senyawa kimia yang lazim digunakan sebagai bahan cairan pembasmi serangga seperti rayap.

Untuk menggunakannya, cukup cairkan asam borat dan masukkan ke dalam wadah semprotan. Setelah itu, semprotkan cairan pada tempat berkumpulnya rayap di lemari.

Cairan ini akan mengatasi rayap dengan cepat dan mematikan sehingga tidak perlu menunggu proses yang lama setelah digunakan.

2. Manfaatkan Air Cucian Beras

Siapa sangka jika kamu bisa memanfaatkan air cucian beras untuk membasmi rayap di lemari. Tak hanya murah, cara ini juga terbilang mudah.

Baca Juga  Kulit Belang Terbakar Matahari? Berikut Cara Menghilangkannya

Kamu tinggal memasukkan air bekas cucian ke dalam sebuah wadah semprotan. Lalu, semprotkan pada tempat yang terserang rayap. Lakukanlah secara berulang agar rayap dapat berkurang secara berkala.

3. Pasang Jebakan Kardus

Cara membasmi rayap di lemari pertama adalah dengan memasang jebakan kardus. Tak hanya terbukti efektif, cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Kamu hanya perlu membasahi beberapa kardus besar, kemudian letakan pada lokasi sarang sayap. Lalu, diamkan beberapa jam sampai seluruh rayap datang dan mulai memakan kardus. Setelah itu, segera angkat kardus tersebut ke tempat yang aman dan bakar di area terbuka.

4. Rutin Menjemur Lemari

Rayap merupakan hewan yang menyukai tempat lembap dan jauh dari kehangatan sinar matahari. Oleh karena itu, cara membasmi rayap di lemari selanjutnya adalah rutin menjemur perabot di bawah sinar matahari.

Selama penjemuran, pastikan setiap sisi furnitur kayu benar-benar kering dan tidak ada sisi yang lembap. Selain dijemur di bawah sinar matahari, kamu juga bisa meletakkan lemari di dekat jendela agar mendapat cahaya matahari yang mencukupi.

Baca Juga  Cara Membasmi Hama Belalang pada Tanaman

5. Beri Jarak Antara Lemari dan Dinding

Jika tanda-tanda kehadiran rayap di lemari mulai terlihat, inilah saatnya untuk mulai menata ruangan. Berilah jarak antara dinding dan lemari sekaligus dengan tanah. Gunakan bantalan furnitur agar perabotan tidak langsung bersentuhan dengan lantai rumah.

6. Turunkan Suhu Ruangan

Seperti yang disinggung sebelumnya, rayap senang berada di tempat yang lembap. Untuk itu, cobalah untuk menurunkan suhu ruangan sehingga terasa lebih dingin. Walau rayap menyukai ruang yang lembap, rayap tidak dapat hidup dalam suhu udara yang terlampau dingin.

7. Gunakan Lampu UV

Tidak semua lemari dari kayu mudah diangkat dan dipindahkan. Jika lemarimu termasuk salah satunya, kamu bisa mengatasi rayap dengan memakai lampu sinar UV.

Lampu ini bekerja layaknya sinar matahari terhadap rayap. Cara menggunakannya adalah dengan meletakkan lampu UV tepat di atas sarang rayap.

8. Gunakan Cairan Kapur Sirih

Cara membasmi rayap di lemari yang terbukti efektif berikutnya adalah menggunakan cairan kapur sirih.

Cairan ini memiliki sifat panas dan membuat rayap mati dengan seketika. Untuk membuatnya, campurkan kapur sirih dengan segelas air. Lalu, aduk hingga berbentuk cairan putih yang pekat. Masukkan cairan kapur sirih ke dalam semprotan

Baca Juga  Cara Upgrade dan Keuntungan OVO Premier

9. Siram dengan Air Sabun

Cara membasmi rayap di lemari terakhir adalah menggunakan air sabun.

Kamu bisa membuat cairan ini dengan mencampurkan sabun cuci piring dan air pada sebuah wadah. Setelah itu, semprotkan pada bagian lemari yang dikerumuni oleh rayap.

Lakukan tips tersebut secara rutin agar semua rayap beserta telurnya hilang dari lemari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *