membedakan emas

Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu, Investasi jadi Tenang

Harga emas terus alami peningkatan dari hari ke hari. Dari sana, banyak yang pilih melakukan investasi ke emas. Sama seperti yang dijumpai, harga emas terus alami peningkatan dari hari ke hari.

Tidak seperti saham lainnya, emas termasuk tipe investasi yang stabil.

Tetapi rupanya, seorang yang ingin masuk ke dunia investasi emas agar lebih berhati-hati.

Masalahnya banyak penipuan investasi emas bodong yang ramai di tengah-tengah warga.

Emas palsu banyak bersebaran berbahan khusus kuningan.

Langkah terbaik untuk pastikan keaslian emas dengan lakukan pembelian lewat website resmi, yang memberi sertifikat keaslian produk.

Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan

Cara membedakan emas asli dengan kuningan terbilang mudah. Walaupun memiliki warna yang mirip, kamu tetap dapat membedakannya dengan mudah. Mengutip dari PT. Agincourt Resources, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini.

1. Perbedaan Warna

Walaupun sekilas memiliki warna yang sama, emas dan kuningan memiliki perbedaan warna yang cukup kentara. Emas memiliki warna kuning yang berkilau sedangkan kuningan memiliki kuning yang kusam dan tidak terlalu mengkilat. Warna kuning yang dimiliki emas pun lebih kuat ketimbang kuningan.

2. Perbedaan Fisik

Untuk menguji perbedaan fisik antara emas dan kuningan, kamu dapat mencobanya dengan menggosokkan keduanya di keramik. Setelah digosok, emas akan meninggalkan bekas keemasan pada keramik sedangkan kuningan akan meninggalkan bekas kehitaman.

3. Kepadatan Logam

Kamu dapat melempar emas dan kuningan secara bersamaan. Bandingkan berat keduanya. Emas memiliki kepadatan yang lebih berat daripada Kuningan.

4. Besaran Karat

Karat merupakan ukuran untuk kemurnian emas. Pada emas murni akan tertulis sebesar 24 karat sedangkan kuningan tidak ada.

5. Cap Permukaan

Kuningan memiliki cap di permukaan berupa kata “brass”. Tidak hanya di permukaan terkadang juga diukir di dalam potongan logam.

6. Harga

Apabila dilihat dari harganya emas asli memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan kuningan. Tergantung tingkat campurannya.

7. Penggunaan Cairan Asam

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan meneteskan cairan asam pada dua logam tersebut. Emas tidak akan bereaksi apa pun pada cairan asam sedangkan kuningan akan memunculkan gelembung kecil.

 

Baca Juga  Cara Menghapus Cache dan Cookies di Semua Browser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *