sim card tidak terbaca

Kartu SIM Tidak Terbaca? Lakukan 6 Hal Berikut!

Persoalan yang umum terjadi ialah saat kartu SIM tidak teridentifikasi. Walau bagaimanapun, anda tak perlu khawatir karena ada cara-cara bereskan SIM card tidak bisa dibaca yang gampang dimengerti.

Sama seperti yang sudah dijumpai, sebuah HP atau handphone memerlukan kartu SIM agar dipakai untuk berbicara, baik lewat fitur SMS, telepon, atau koneksi internet.

Bila kartu SIM tidak bisa dibaca secara baik, sudah tentu ini akan menyusahkan pemakainya. Tidak aneh bila Anda akan kesusahan untuk berbicara.

Daripada khawatir, lebih baik ketahui jalan keluar yang pas supaya kartu SIM dapat dipakai kembali secara normal seperti umumnya.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

1. Restart HP

Pada dasarnya, metode ini merupakan hal paling sederhana yang bisa dilakukan. Berbagai kendala sistem di HP seringkali bisa diatasi dengan melakukan restart terlebih dahulu. Tak terkecuali ketika Anda mendapati SIM card yang tidak terbaca.

Dengan melakukan restart, pengguna bisa menghilangkan bug-bug yang masih bermunculan di ponsel. Jadi, cara mengatasi sinyal hp hilang karena sim card tidak terbaca yang satu ini merupakan yang termudah dilakukan dan terbukti efektif.

Baca Juga  Cara Mudah Mengecek Kapasitas RAM Laptop, Terbaru 2022

2. Memeriksa Slot SIM

Slot SIM card memang rentan mengalami masalah, lho. Salah satu penyebabnya adalah bagian kuningan konektor yang rusak. Biasanya kerusakan ini terjadi karena faktor usia pemakaian yang terlalu lama. Kendala slot SIM card yang rusak memang seringkali terjadi pada berbagai tipe HP. Nah, efeknya sendiri bisa membuat kartu SIM jadi tidak bisa terbaca. Oleh karena itu, Anda bisa membersihkan slot tersebut menggunakan kapas kecil.

3. Mengganti Kartu SIM

mengatasi SIM card tidak terbaca dengan cara mengganti kartu SIM ini bisa dilakukan apabila kartu tersebut dalam keadaan rusak. Kondisi SIM card sangat berpengaruh terhadap ketersediaan jaringan yang ada

4. IMEI Hilang

Belum banyak pengguna HP yang mengerti pentingnya keberadaan IMEI. Pada dasarnya, IMEI merupakan nomor identitas dari sebuah ponsel. Keberadaan nomor seri ini sangat penting agar ponsel bisa menangkap sinyal dengan baik.

Jadi, tidak mengagetkan jika IMEI hilang bisa berpengaruh terhadap kartu SIM yang seolah tidak bisa terbaca. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya lakukan pengecekan IMEI terlebih dahulu.

Baca Juga  Bingung Hilangkan Bekas Luka di Wajah? Berikut Caranya!

Caranya adalah dengan memilih menu Dial di ponsel lalu ketikkan *#06#*. Setelah itu, tunggu sampai sistem memunculkan halaman IMEI dari ponsel tersebut. Jika keadaannya normal, Anda akan mendapati nomor unik yang merupakan seri dari IMEI ponsel yang digunakan.

Apabila seri IMEI tidak muncul, hal ini bisa menjadi penyebab mengapa kartu SIM seolah tidak terbaca. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengetikkan “IMEI Invalid” pada fitur search di HP. Nantinya, Anda akan diarahkan menuju metode perbaikannya.

5. Mode Pesawat Sementara

Mungkin Anda menjadi salah satu yang jarang mengaktifkan mode pesawat. Padahal, mode yang satu ini bisa menjadi solusi berbagai kondisi error di HP. Tak terkecuali saat ponsel tidak bisa membaca kartu SIM dengan mudah.

6. Mengubah Pengaturan Jaringan

Pada dasarnya, pengaturan jaringan yang ada di ponsel bisa diubah sesuai kebutuhan. Bisa jadi pengaturan jaringan provider Anda sedang rusak sehingga membuat kartu SIM tidak terbaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *